Lintah merupakan jenis hewan yang tergabung dalam filum Annelida dan subkelas Hirudinea. Lintah mempunyai jenis yang berbeda beda, bayangkan saja hampir terdapat lebih dari 600 jenis lintah yang sudah dikenali dan hidup dibumi kita ini. Habitat lintah pun berbeda beda, ada yang berhabitat di darat, ada yang dilaut, dan ada juga yang diair tawar.

lintah hitam

Sebelum berlanjut artikelnya, apa yang ingin anda ketahui tentang lintah?? Jika yang ingin anda ketahui dan tanyakan adalah jenis lintah, mari berlanjut membahas mengenai salah satu jenis lintah yang berguna untuk kehidupan manusia. Seperti yang telah saya tulis diatas bahwa terdapat lebih dari 600 jenis lintah yang hidup dibumi kita ini. Kebanyakan orang memandang lintah hanya sebagai hewan pengganggu saja, pasalnya hewan yang satu ini makanan utamanya adalah darah.

Baik lintah yang habitatnya di darat, dilaut ataupun diair tawar semua makanan utamanya adalah darah. Namun tahukah anda meskipun makanan utamanya sama tidak semua lintah berbahaya, ada beberapa jenis lintah yang tidak berbahaya dan justru mempunyai berbagai kegunaan, diantaranya seperti lintah hitam hirudo medicinalis, hirudo orientalis, hirudo verbana dan hirudo troctina. Lintah tersebut sering kali digunakan untuk terapi pengobatan. Pengobatan yang memanfaatkan lintah sebenarnya sudah dikenal sebelum masa kedokteran modern.

Terapi lintah mulai dikenal lagi sekitar tahun 1970-an, dimana kegunaannya untuk membantu mengatasi masalah kelainan saraf, masalah sakit gigi, masalah sakit kulit serta masalah infeksi pada kulit. Didunia kedokteran modern, lintah sering kali dimanfaatkan untuk tindakan operasi saraf kecil, karena kandungan zat hirudin yang dimilikinya dapat memicu aliran darah pada pembuluh kapiler yang baru tersambung disaat setelah melakukan operasi penyambungan saraf kecil misalnya pada telapak tangan atau telapak kaki.

Sebenarnya kegunaan lintah tidak hanya untuk terapi pengobatan saja, hewan yang satu ini juga sering dilibatkan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik kecantikan karena memiliki kandungan kolagen yang bermanfaat untuk menunda penuaan dini pada kulit. Namun hanya jenis lintah dari spesies jenis hirudo saja, atau biasanya banyak yang menyebutnya dengan lintah hitam.