Lada hitam (piper Ningrum L) merupakan salah satu biji dari tanaman lada yang dapat tumbuh subur didaerah yang beriklim tropis, tanaman ini sudah dikenal bertahun tahun lalu karena kegunaanya dalam berbagai keperluan. Seperti untuk bumbu masakan, ataupun dijadikan sebagai ob-a-t modern ataupun tradisional.

Mungkin bagi sebagian orang yang tidak suka dengan rasa pedas akan menghindari rempah yang satu ini, karena ciri khas dari rempah ini adalah mempunyai rasa pedas dan hangat. Namun jika anda tahu akan manfaatnya untuk kesehatan pasti akan selalu ingin mengkonsumsinya.

Selama ini masyarakat hanya mengenal lada hitam untuk campuran bumbu masakan saja, akan tetapi siapa yang menyangka bahwa lada hitam juga mempunyai peran besar untuk kesehatan. Dan berikut beberapa manfaat lada hitam untuk masalah kesehatan.

Manfaat lada hitam untuk kesehatan

1. Mengatasi ejakulasi dini

Siapa yang menyangka bahwa lada hitam dapat digunakan oleh seorang pria untuk mengatasi masalah ejakulasi dini, cara pemakainnya pun tidak berbeda dengan cara pakai hajar jahanam apabila anda sudah pernah menggunakan produk tersebut. Benarkah lada hitam dapat mengatasi kondisi ejakulasi dini? Jawabannya adalah benar, karena lada hitam adalah salah satu rempah yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk foredy, produk tersebut adalah produk yang direkomendasikan Dr.boyke.

2. Sebagai anti peradangan

Lada mengandung senyawa piperin, menurut penelitian piperin yang terdapat pada lada hitam dapat berfungsi sebagai anti peradangan. Selain itu mengkonsumsi lada juga berguna untuk menghangatkan tenggorokan pada saat flu/pilek sehingga akan lebih lega.

3. Mengatur gula darah

Manfaat lada hitam yang kedua adalah untuk mengatur gula darah, minyak yang dihasilkan oleh lada hitam dipercaya dapat mencegah penyakit hipertensi dan diabetes tipe-2. Hal itu dikarenakan minyak yang dihasilkan lada hitam berguna mencegah enzin pemecah Pati yang menjadikanya glukosa akami sehingga dapat memabantu dalam hal mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

4. Menyehatkan pencernaan

Salah satu kandungan yang ada pada lada hitam adalah anti bakteri, dimana kandungan tersebut dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan dengan memerangi bakteri e-coly yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan. Tidak hanya itu saja, ternyata lada hitam juga mangandung serat yang beguna mencegah perut kembung serta sembelit.

5. Mencegah tumor dan kanker

Lada hitam mengandung polifenol dan piperin, dimana kandungan ini dapat berguna menghambat pertumbuhan sel sel tumor atau kanker. Didalam lada hitam juga mengandung piperin yang berguna untuk mencegah perkembangan kanker pada payudara.

Itulah beberapa manfaat lada hitam yang perlu anda tahu, bagi seseorang yang tidak suka makan makanan yang mengandung lada karena rasa pedas yang dihasilkannya mungkin dengan artikel diatas dapat menjadikan anda agar bisa mencoba makan makanan pedas yang mengandung lada karena manfaatnya yang begitu besar bagi kesehatan. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.