cloud storage militer

cloud services khusus militer

Indonesian cloud computing, merupakan sebuah layanan komputasi yang terus berkembang. Bahkan belakangan ini sudah semaki marak berbagai jenis provider cloud computing dengan berbagai keunggulannya. Secara umum, cloud computing atau komputasi awan merupakan sebuah layanan penyimpanan data yang berbasis teknologi tinggi. Bahkan belakangan ini sudah banyak perusahaan yang mulai menggunakan sistem komputasi untuk menyimpan seluruh data perusahaan dengan aman. Hal ini cukup beralasan dengan adanya berbagai manfaat canggih yang didapatkan dari komputasi awan. Dari segi keamanan, komputasi ini menawarkan sistem keamanan yang tinggi. Bahkan bencana alam pun tidak mampu menghilangkan data-data yang tersimpan, meskipun seluruh perangkat telah rusak. Bahkan komputasi ini lebih menekan biaya yang membuat beberapa perusahaan mulai tertarik untuk menggunakan sistem penyimpanan secara digital ini.

Berbagai Karakteristik dari Cloud Computing

Seperti halnya jenis penyimpanan lain, cloud comptuting juga memiliki beberapa karakteristik. Pertama, sistem komputasi ini bersifat resource pooling yang mengandalkan sumber daya berupa memory, CPU, storage, network bandwith, dan lain sebagainya. Dari sumber daya yang ada ini akan disediakan oleh provider dalam memenuhi kebutuhan dari pelanggan. Kedua, komputasi ini memiliki broad network access dimana akan lebih memudahkan pelanggan agar lebih mudah untuk mengakses data dari berbagai gadget dimanapun dan kapapun. Selama perangkat terhubung dengan koneksi internet, maka data akan lebih mudah untuk diakses.

Ketiga, layanan komputasi awan ini juga memiliki jenis layanan measured service. Jenis layanan ini akan memudahkan Anda sebagai pelanggan untuk lebih mengoptimisasi atau bahkan mengawasi data secara otomatis. Dengan sistem remote yang diberikan akan lebih memudahkan kedua belah pihak, pelanggan dan provider, untuk melihat seberapa banyak yang sudah digunakan. Dengan demikian, adanya sistem kelola yang memiliki transparansi cukup tinggi. Keempat, layanan komputasi ini juga bersifat rapid elasticity dimana kapabiltas yang digunakan dapat disesuaikan dengan pelanggan. Anda sebagai pelanggan dapat menurunkan atau menaikan kapasitas layanan sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih mudah digunakan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih kapasitas yang leboh besar.

baca juga : keuntungan layanan cloud di indonesia