cloud computing

cloud computing

Komputasi awan atau cloud computing belakangan ini semakin mendapatkan tempat. Dengan layanan yang menawakan sistem penyimpanan yang sangat efektif dan dinamis ini membuat cloud computing semakin digemari. Bagi Anda yang ingin menggunakan sistem komputasi ini tentunya sudah bisa menemukan berbagai provider cloud computing yang belakanga juga sudah semakin melebarkan sayapnya. Sistem penyimpanan komputasi dengan sistem teknologi tinggi ini mampu menyimpan berbagai data yang dimiliki pada sebuah perusahaan dengan aman. Bahkan sistem penyimpanan ini dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Selama ada sebuah perangkat dan koneksi internet, seluruh data dapat diakses dengan mudah. Sebelum memiliki provider, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis layanan yang ditawarkan.

Jenis-Jenis Layanan Cloud Computing

Dari segi layanan, cloud computing memiliki tiga jenis komputasi. Jenis yang pertama adalah Software as a Service (SaaS). Jenis layanan ini akan lebih memudahkan penggunanya karena penggunaan perangkat lunak yang siap pakai. Para pengguna hanya membutuhkan instalasi sebuah perangkat lunak dan bahkan tidak membutuhkan pembelian lisensi untuk memakainya. Lalu, adapula layanan Cloud Computing jenis Platform as a Service (PaaS). Jenis layanan ini dianalogikan sebagai penyewaan rumah dimana Anda akan menyewas sebuah rumah yang memiliki sebuah lingkungan dimana merupakan database engine, aplikasi framework, sistem operasi, network, dan lain sebagainya. Rumah ini akan digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi sehingga Anda tidak perlu berpikir untuk menyiapkan sebuah rumah untuk aplikasi Anda. Keuntungannya adalah pelanggan akan lebih mudah untuk focus pada aplikasi yang akan dibuat.

Selain itu, adapula layanan Infarstructure as a Service (IaaS) yang akan menyediakan berbagai infrastruktur IT. Dengan kata lain, jenis IaaS ini menawarkan sebuah komputer virtual secara kosong yang dapat disewa oleh pelanggan untuk menyimpan berbagai jenis data yang dimiliki dengan kapasitas yang dapat disesuaikan. Bahkan pelanggan juga bisa mendefinisikan kebutuhan sebagai permintaan, seperti seberapa banyak unit komputasi, memori, penyimpanan data, bandwith, dan berbagai jenis konfigurasi yang dibutuhkan. Keuntungannya adalah Anda tidak membutuhkan komputer fisik. Layanan cloud indonesia bisa Anda dapatkan di http://www.lintasarta.net/product/cloud-services