Bagaimana Proses Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga Sederhana?

Air limbah rumah tangga ternyata menjadi salah satu penyebab klasik pencemaran lingkungan terutama di pemukiman padat penduduk. Air kotor hasil dari cuci piring, cuci pakaian, memasak, air sabun dan air kotor hasil pembuangan lainnya diketahui mengandung bahan organik dan anorganik, gas serta zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Demi mengurangi dampak negatif dari air limbah ini maka dibangunlah suatu instalasi pengolahan air limbah komunal yang dipakai untuk mengolah semua air limbah dari komunitas tersebut.

IPAL Komunal Apakah Efektif?

Jumlah air limbah rumah tangga komunitas bisa dikatakan tidaklah sedikit. Bayangkan kalau semua air limbah tersebut masuk ke dalam sungai maupun saluran air lainnya tentu sangat berbahaya bukan? Solusinya, air limbah tersebut kemudian diolah kembali menjadi air bersih layak pakai yang bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga maupun menjadi air minum. Melalui sistem penyaringan air modern, air limbah seperti ini bisa dikelola dengan baik dan pada akhirnya pencemaran di kawasan pemukiman pun bisa berkurang.

Cara Mengolah Air Limbah Rumah Tangga Menjadi Air Bersih Secara Sederhana

Untuk bisa mengolah air limbah rumah tangga menjadi air bersih, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat saluran air limbah yang mengarah ke sebuah tempat resapan dan penyaringan pertama. Sistem pengolahan ini mengadopsi teknik penyaringan sederhana sehingga masyarakat bisa membangun dan mengelolanya dengan mudah. Untuk bisa berfungsi dengan baik, bak penyerapan diisi dengan batuan besar dan kecil, lidi, pasir kasar dan batu koral. Air hasil proses penyaringan kemudian diarahkan ke tempat penyaringan tahap kedua melalui pipa penghubung berleher angsa.

Penggunaan pipa berleher angsa ini berfungsi untuk mengendapkan kotoran agar tidak terlarut ke tahap selanjutnya. Pada proses penyaringan tahap kedua, air akan dimasukkan dari atas kemudian dimasukkan kembali ke wadah kedua dari bawah. Lalu air akan dialirkan naik ke atas kembali hingga mencapai tingkat kebersihan sesuai dengan batas mutu yakni tidak berbau, bersih dan bebas dari zat-zat berbahaya. Agar bisa mencapai mutu air bersih seperti ini, sebaiknya digunakan sistem filter air khusus yang mampu menyaring partikel hingga ukuran terkecil.

Itulah tadi yang perlu kira tahu bagaimana proses pengolahan air limbah rumah tangga sederhana versi www.ipalbiorich.com.